
Sumber: dailyfinance.com
Ingin tahu seberapa mahal
orang mau membayar untuk jasa yang Anda berikan?
Untuk menjawabannya silahkan
tanya diri Anda apakah Anda sudah memiliki folder dalam pikiran banyak orang.
Apa yang ada dalam benak orang ketika mendengar nama Anda?
Misalnya nama Anda “Andi
Sulistyo”, dan Anda memiliki keahlian IT. Apakah banyak orang yang mengenal
nama itu, dan kemudian diasosiasikan dengan skill yang Anda miliki?
Jika tidak, maka Anda belum
layak dibayar mahal. Karena Anda tidak dikenal dan belum dianggap pakar.
Lalu bagaimana cara agar
nama Anda tercetak dalam pikiran calon pelanggan Anda?
Perkenalkan keahlian Anda
melalui berbagai media. Beberapa yang patut Anda pilih antara lain jaringan
internet, dan publikasi offline. Cantumkan nama Anda dan label kepakaran Anda.
Jangan merasa tidak percaya diri, karena sebenarnya Anda bisa menentukan Anda
ingin dikenal sebagai apa.
Kepakaran itu sesungguhnya
bersifat relatif. Meskipun pengetahuan Anda masih menengah, namun di mata
seorang beginer pengetahuan Anda sudah memungkinkan Anda menjadi pakar. Namun
Anda tentunya tidak dianggap pakar oleh orang dengan keahlian yang hampir sama
dengan Anda. Oleh sebab itu pastikan juga siapa yang menjadi target promosi
kepakaran Anda agar efektif.
Ketika seseorang membaca
tulisan Anda, entah di internet, dari buku yang Anda tulis, maka nama Anda akan
masuk folder dalam yang relevan dalam pikiran orang lain. Namun dikenal saja
sudah cukup? Tentu tidak. Anda sebaiknya membangun folder Anda sendiri dalam
pikiran calon klien Anda.
Caranya? Pilihlah kepakaran
dengan kategori baru. Jika Anda milih melabeli diri Anda sebagai ahli
marketing, maka nama Anda akan masuk folder yang telah ada dan dimasukkan
bersama nama-nama seperti Tung DW atau Hermawan Kertajaya. Jika suatu saat ia
membutuhkan konsultan pemasaran maka Anda tidak dianggap yang terbaik dan masuk
dalam alternatif yang kesekian.
Namun berbeda jika Anda
membuat folder Anda misalnya sebagai Marketing Online For Europe Market. Maka
nama Anda akan dimasukkan dalam kategori tersendiri dalam otak calon pelanggan
Anda. Maka Anda yang terbaik di bidang itu karena Andalah yang pertama memilih
label tersebut.
Selanjutnya Anda memperkuat
persepsi tersebut sehingga nama Anda akan selalu dikaitkan dengan label yang Anda
pilih. Jika Anda berada dalam posisi teratas dalam folder yang ada dalam benak
pelanggan Anda, maka tidak mustahil Anda dianggap layak dibayar tinggi untuk
jasa yang Anda tawarkan.
Tidak ada komentar:
Posting Komentar