Trik Menyebarkan Keahlian



 
Sumber: welovelocalgovernment.wordpress.com

Anda ingin dikenal banyak orang sebagai pakar?

Jika ya, mulailah membuat tulisan lalu sebarnya. Namun pertanyaannya adalah tulisan seperti apa?

Menurut saya jenis tulisan yang disukai banyak orang adalah yang bersifat praktis. Misalnya Tips Membuat Restoran Laris Manis. Ini adalah tulisan yang dipublish di kompasiana oleh seorang pakar kuliner dan dalam waktu singkat dibaca lebih dari 300 orang. Atau “Cara Menyusun Neraca Keuangan UKM” dsb.

Seorang pakar dengan personal brand yang cukup kuat menuturkan jika ia menuliskan apa saja yang ada dipikirannya. “Termasuk juga ketika saya mendapatkan sesuatu dari sebuah seminar, segera saya tulis dan bagikan melalui situs pribadi saya”, ungkapnya.

Jadi menulislah sebanyak mungkin. Lalu bagikan melalui berbagai media online. Ini adalah sarana yang paling mudah karena tidak halangan. Berbeda jika mengirimkan artikel ke media massa. Akan butuh waktu untuk menyeleksi dan bisa jadi tulisan Anda tidak dimuat.

Oleh sebab itu buatlah sebuah situs atau blog tempat Anda memuat tulisan Anda. Kemudian bergabung pada social media lalu sharekan tulisan Anda.  Agar tulisan Anda lebih mengigit ada barangkali beberapa tips dibawah ini bermanfaat bagi Anda.

Buatlah tulisan yang sederhana, praktis dan tidak perlu terlalu panjang. Mengapa? Membaca tulisan melalui monitor berbeda dengan melihat tulisan di atas kertas. Radiasi cahaya akan mudah membuat pembaca lelah. Oleh sebab itu buatlah tulisan yang ringkas, dengan alinea yang singkat-singkat dan hematlah menggunakan kata-kata.

Jika Anda memiliki artikel yang cukup panjang, bagilah ke dalam beberapa artikel. Lalu buang bagian ilustrasi atau hal-hal yang bukan menyampaikan  pesan utama yang membuat tulisan menjadi terlalu padat.

Gunakan gambar sebagai ilustrasi. Sebuah gambar dapat memberikan banyak pesan. Hanya gambar tanpa konteks tulisan menjadi kehilangan makna. Namun ingat, sebaiknya ilustrasi yang bersumber dari koleksi Anda sendiri (sekiranya dimungkinkan).


Tidak ada komentar:

Posting Komentar