
Sumber: welovelocalgovernment.wordpress.com
Anda ingin dikenal banyak
orang sebagai pakar?
Jika ya, mulailah membuat
tulisan lalu sebarnya. Namun pertanyaannya adalah tulisan seperti apa?
Menurut saya jenis tulisan
yang disukai banyak orang adalah yang bersifat praktis. Misalnya Tips Membuat
Restoran Laris Manis. Ini adalah tulisan yang dipublish di kompasiana oleh
seorang pakar kuliner dan dalam waktu singkat dibaca lebih dari 300 orang. Atau
“Cara Menyusun Neraca Keuangan UKM” dsb.
Seorang pakar dengan
personal brand yang cukup kuat menuturkan jika ia menuliskan apa saja yang ada
dipikirannya. “Termasuk juga ketika saya mendapatkan sesuatu dari sebuah
seminar, segera saya tulis dan bagikan melalui situs pribadi saya”, ungkapnya.
Jadi menulislah sebanyak
mungkin. Lalu bagikan melalui berbagai media online. Ini adalah sarana yang
paling mudah karena tidak halangan. Berbeda jika mengirimkan artikel ke media
massa. Akan butuh waktu untuk menyeleksi dan bisa jadi tulisan Anda tidak
dimuat.
Oleh sebab itu buatlah
sebuah situs atau blog tempat Anda memuat tulisan Anda. Kemudian bergabung pada
social media lalu sharekan tulisan Anda.
Agar tulisan Anda lebih mengigit ada barangkali beberapa tips dibawah
ini bermanfaat bagi Anda.
Buatlah tulisan yang
sederhana, praktis dan tidak perlu terlalu panjang. Mengapa? Membaca tulisan melalui
monitor berbeda dengan melihat tulisan di atas kertas. Radiasi cahaya akan
mudah membuat pembaca lelah. Oleh sebab itu buatlah tulisan yang ringkas,
dengan alinea yang singkat-singkat dan hematlah menggunakan kata-kata.
Jika Anda memiliki artikel
yang cukup panjang, bagilah ke dalam beberapa artikel. Lalu buang bagian
ilustrasi atau hal-hal yang bukan menyampaikan pesan utama yang membuat tulisan menjadi
terlalu padat.
Gunakan gambar sebagai
ilustrasi. Sebuah gambar dapat memberikan banyak pesan. Hanya gambar tanpa
konteks tulisan menjadi kehilangan makna. Namun ingat, sebaiknya ilustrasi yang
bersumber dari koleksi Anda sendiri (sekiranya dimungkinkan).
Tidak ada komentar:
Posting Komentar