Setelah Pensiun Jadi Pembicara Filsafat


 
Meskipun tidak muda lagi, namun penampilan Bapak yang satu ini masih cukup meyakinkan. Pada sebuah pertemuan ia terlihat menarik tas dan tampak akan melakukan perjalanan.

“ Mau kemana pak?”, tanya saya.

“ Saya mau ke Berlin malam ini”, jawabnya.

“Ada kegiatan apa?”.

“ Saya diminta menjadi pembicara tentang postmodernism”, ungkapnya yang seketika itu membuat saya tidak bisa untuk tidak berkata waw.

Sayapun kemudian  berbincang-bincang dengannya tentang bagaimana ia bisa sampai diundang sebagai pembicara oleh sebuah lembaga ternama.

“Semua ini berawal dari keinginan saya menyalurkan pemikiran saya tentang filsafat. Ketika saya masih bekerja di sebuah perusahaan swasta tentu saya tidak punya waktu untuk itu, meskipun setiap hari saya membaca buku-buku filsafat”, kisahnya.

“ Lalu setelah saya punya waktu luang seperti beberapa tahun belakangan ini, sayapun mencoba membuat blog, lalu membagikan pemikiran saya tentang filsafat khususnya postmodernism. Beberapa diantaranya saya tulis dalam bahasa Inggris”, tambahnya.

“Jadi dari blog inilah Bapak kemudian dikenal sampai ke luar negeri”, tanya saya kemudian yang ia balas dengan anggukan.

“ Sayapun tidak menyangka dampaknya sedasyat ini. Tapi saya membuktikan pembelajaran saya selama puluhan tahun secara otodidak tentang filsafat ternyata memberikan hasil”, jelasnya sambil melemparkan senyuman.

Tentu kisah ini cukup menginspirasi saya. Lalu sayapun bertanya apa yang ia pikirkan saat menjelang pensiun, hingga mengambil keputusan sedemikian.

Menurutnya bahwa saat pensiun adalah sesuatu yang perlu disambut dengan bahagia karena setidaknya ia memiliki banyak waktu untuk melakukan sesuatu yang mungkin ia sulit lakukan sebelumnya. Jadi ada baiknya setiap orang yang akan mengakhiri karirnya sebagai karyawan untuk kemudian berpikir melakukan sesuatu yang menarik kemudian.

Iapun menambahkan, bahwa karir boleh berhenti, namun pikiran, pengetahuan, pengalaman, kreativitas masih tetap ada. Jadi manfaatkan itu untuk sesuatu yang bernilai.

Tentu pengalaman ini ada beberapa hal menarik yang menarik untuk disimak:
  1. Pesiun berarti anda akan memiliki waktu untuk melakukan apa yang tidak bisa dilakukan saat masih bekerja
  2. Lihat hobi atau minat yang dulu sulit dilakoni, putuskan untuk mengelutinya
  3. Jika memiliki pengetahuan ada baiknya berbagilah melalui berbagai media yang dapat diakses banyak orang.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar