Menulislah, Bagikan Pengetahuan Anda, dan Jadilah Pahlawan


http://www.thirdoptionmen.org/wp-content/uploads/2011/03/hero.jpg
Ia adalah seorang  tamatan SMA namun ia mengaku bersyukur atas ilmu yang ia peroleh dari buku-buku. Saat ini sudah menjadi pengusaha sukses. Buku entrepreneur yang ia baca dari orang-orang yang mau berbagi menginspirasinya untuk memulai usaha kuliner yang saat ini menjadikannya seorang pengusaha berpenghasilan Miliaran Rupiah setiap bulannya.

Saya meyakini untuk setiap buku yang  dipajang di toko buku, akan selalu ada orang yang lalu membacanya dan mendapatkan mendapatkan manfaat luar biasa.  Khususnya bagi orang-orang yang ingin membangun skillnya secara otodidak menjadikan bahan-bahan tertulis sebagai guru, apalagi bagi mereka yang menganggap pendidikan tinggi lebih sebuah impian daripada kenyataan .

Jadi beruntunglah Anda jika saat ini Anda telah memutuskan untuk berbagi melalui buku yang Anda tulis. Anda tidak pernah akan bisa menduga betapa besar dampak yang Anda ciptakan bagi banyak orang dari sebuah buku yang mungkin menurut Anda cukup sederhana.

Dengan kemauan kita berbagi sesungguhnya kita tengah menciptakan potensi terjadinya efek enigma. Berawal dari sekumpulan orang yang merasa mendapatkan manfaat dari apa yang Anda tulis, membaca buku Anda, menerapkannya dan meraih keberhasilan.  Lalu mereka membagikan pengetahuan yang mereka peroleh dengan cara yang sama ataupun berbeda,  maka akan lebih banyak orang yang kemudian bisa mendapatkan manfaat. Dan ini bisa berlangsung terus, karena manusia pada prinsipnya adalah mahluk yang suka berbagi. 

Efek enigma ini mengambarkan bahwa dengan kemaupuan membagikan pengetahuan misalnya saja melalui sebuah buku, tanpa sadar Anda telah dapat menciptakan sebuah ledakan dampak yang besar. Bahkan Anda tidak tahu kapan ia akan berhenti.

Itu sebabnya saya selalu mengajak  siapapun, apapun yang mereka ketahui untuk berbagi saat ini juga. Meskipun ajakan ini tidak selalu berhasil menciptakan pahlawan-pahlawan baru yang siap menuliskan pengetahuannya.

Ini adalah cara paling sederhana untuk menjadikan diri Anda bermanfaat bagi orang lain  Tulislah pengetahuan Anda selagi “Anda bisa”.

Lalu pertanyaannya mengapa banyak orang yang enggan berbagi?

Saya coba berpikir positif, bahwa ini terjadi bukan karena ada orang yang sedemikian kikir untuk berbagi karena berpikiran bahwa ia harus menjaga apa yang ia ketahui baik-baik agar tidak terjamah orang lain. Padahal sebagian ilmu yang kita peroleh saat ini kita dapatkan secara cuma-cuma.

Selain itu ada hukum irrasional terkait pengetahuan. “Semakin sering Anda berbagi semakin banyak pengetahuan yang menghampiri Anda”.

 Tapi saya meyakini orang belum mau berbagi karena merasa tidak percaya diri. Terlanjur menganggap apa yang ia ketahui tidak bermanfaat. Padahal ini adalah anggapan yang keliru karena saya meyakini akan ada saja orang yang membutuhkan apa yang kita ketahui meskipun itu pengetahuan yang sangat sederhana. Oleh sebab itu jangan pernah ragu untuk berbagi.

Jadi apapun yang kita miliki segera bagikan, moga-moga ada orang yang membutuhkan. Semoga Anda menjadi pahlawan tak dikenal bagi ribuan bahkan jutaan orang melalui efek ledakan yang tidak bisa Anda ramalkan.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar