Trik Membangun Kepakaran


 http://careergirlnetwork.com/wp-content/uploads/2012/10/expertsideeye.jpg
 Sumber: careergirlnetwork.com

Jadi cara untuk mendapatkan titel kepakaran Anda dengan menyebarkan pengetahuan yang Anda miliki. Namun orang yang cerdik tidak hanya membagikan pengetahuan yang benar-benar nempel di pikirannya namun hal-hal yang baru saja ia peroleh.

Saya sering membagikan hal-hal yang saya ketahui tentang perbenihan di jaringan internet. Termasuk juga info baru yang saya dapat dari sumber lain saya bagikan di blog saya di www.pengawasbenihtanaman.bogspot.com. Saya tidak bermaksud untuk dilabeli sebagai pakar perbenihan. Namun anehnya para pengunjung saya teranjur menyebutkan saya sebagai ahli benih.

Demikian halnya dengan membagikan pengetahuan saya yang terbatas di www.konsultasimenulisonline.blogspot.com saya mendapatkan label pakar menulis. Padahal pengalaman saya dalam dunia tulis menulis masih sangat  terbatas apalagi jika dibandingkan penulis sekelas Andreanus Harefa.

Oleh sebab cara cerdik untuk membangun kepakaran adalah dengan membagikan sebanyak mungkin data dan informasi yang Anda ketahui melalui berbagai jaringan. Sehingga orang yang mendapatkan menfaat akan mendaulat Anda sebagai pakar.

Namun pendapat ini tentu bisa mendapatkan kritikan? Dengan Anda membagikan pengetahuan Anda maka orang lain akan mendapatkan menfaat dari itu, dengan sendirinya anda akan tersaingi.

Mungkin ada betulnya. Namun saya tidak yakin semua pengetahuan Anda bisa Anda sampaikan secara tuntas. Apalagi kebanyakan orang, info yang dibutuhkan adalah yang bersifat awam, simpel dan praktis. Sedangkan pengetahuan dan informasi yang lebih kompleks selain tidak ada gunanya Anda publis, hanya sedikit orang mendapatkan menfaatnya.

Daripada Anda menjelaskan cara membedakan sebuah tanaman pada tingkat kromosom, cukup ceritakan bagaimana tanaman dibedakan menurut  warna daun. Lebih praktis dan lebih simpel. Otomatis pengetahuan Anda lebih tinggi tidak tersebarluaskan.

Disamping itu dengan biasa berbagai ilmu, ada manfaat yang Anda perloleh. Kita menuliskan info yang baru Anda peroleh untuk bisa disebarluaskan akan membantu Anda untuk meresapkan info dan data tersebut di memori Anda. Itu sebabnya lebih mudah mengingat sesuati yang dituliskan ulang dibandingkan yang dihapal. Karena untuk bisa menuliskan, Anda menggunakan pemahaman Anda untuk bisa membuat tulisan yang menarik.

Kedua, mau tidak mau Anda harus menambah terus ilmu Anda agar Anda bisa membagikan apa yang Anda ketahui.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar